CLICK HERE FOR FREE BLOG LAYOUTS, LINK BUTTONS AND MORE! »

Selasa, 23 Agustus 2011

LAPORAN 30 Juni 2011


Solo Exhibition – Cai Zhisong “Kenikmatan Yang Beracun”
Seni selalu menampilkan keindahannya tersendiri. Seolah ia tak pernah habis di telan masa. Banyak orang berpendapat, seni dapat membersihkan jiwa dari debu-debu kehidupan. Dengan karya seni pulalah, hidup kita merasa lebih berwarna, salah satu seni yang sangat menarik adalah karya seni rupa patung. Seniman patung terkenal asal China, Cai Zhisong pada 17 Juni sampai 26 Juni 2011 lalu telah memajang karya seni patung yang mengambil empat tema. Custom to Motherland, Ode to Motherland, Refinement to Motherland dan Rose.

Cai yang mengambil dasar dari periode Dinasti Qin dan bisa disebut sebagai serial “Tanah Air” adalah jawaban atas ketiga tema tersebut. Namun Rose diangkat Cai ke dalam tema pamerannya kali ini karena menurutnya mawar melambangkan cinta dan penuh pengharapan dari cinta itu sendiri. Mawar yang terkenal dengan warnanya yang merah merekah, kini disulap oleh tangan dingin Cai menjadi warna abu-abu metal yang membuat kesan hening serta hampa pada mawar tersebut. "Cinta itu seperti bunga mawar timah yang merekah ini, kenikmatan yang beracun," kata Cai Zhisong.

Pameran yang berlangsung selama 10 hari ini bertempat di Museum Nasional Jakarta. Dalam karyanya ini, ia sepenuhnya menggunakan timah dan perunggu sebagai bahan dasar pembuat patung tersebut. Karya yang dibuatnya ini merupakan hasil dari proses pemikiran yang tidak instan dan memakan waktu yang tidak sebentar. Karya seni Cai menggabungkan antara perspektif modern dan masa lampau. Tak heran jika pengunjung merasakan sense tersendiri begitu melihat karya yang dipamerkannya ini.

0 komentar:

Posting Komentar