CLICK HERE FOR FREE BLOG LAYOUTS, LINK BUTTONS AND MORE! »

Selasa, 23 Agustus 2011

LAPORAN 14 Juli 2011


LAPORAN PENUGASAN

Rubrik            :      POLITIK
Masalah          :      Deklarasi dan Pelantikan Garda Pemuda Nasional Demokrat
Angle              :       Suasana Pelantikan dan Deklarasi Garda Pemuda Nasional Demokrat
Sumber           :      Pengamatan dan Booklet
Oleh                :      Winda Destiana
Setelah melakukan Press Converence di Ruang Garuda, kantor Nasional Demokrat, Gondangdia pada Selasa 12 Juli 2010, kemarin Kamis 14 Juli 2010 bertempat di Rafflesia Grand Ballroom – balai Kartini Jakarta, Dewan Pimpinan Pusat Garda Pemuda Nasional Demokrat resmi di deklarasikan dan dilantik. Dihadiri oleh  Ketua Umum Nasional Demokrat, pengurus Ormas Nasional Demokrat, para pemuda dari Barisan Reaksi Cepat (BARET) Garda Pemuda Nasional Demokrat, para undangan tunarungu, perwakilan dari Partai Nasional Demokrat, dan beberapa awak media yang juga turut hadir meliput dalam acara ini.
Dalam manifesto yang dibacakan oleh Saiful Haq, selaku Sekretaris Jenderal mengatakan, pemuda adalah titik awal Republik. Pemuda adalah sumbu api yang mengobarkan semangat kebangsaan. Pemuda adalah pelopor yang berani menarik garis imajiner ke masa depan, membentuk sebuah identitas kebangsaan: satu tanah air, satu bangsa dan satu bahasa: Indonesia! Pemuda adalah anak sang jaman sekaligus ibu masa depan bangsa!

Kami, pemuda Indonesia mengambil langkah strategis, untuk ambil bagian dalam gerakan perubahan, menyelamatkan arah kemudi bangsa sesuai mandat Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945. Kami berketetapan hati turut mengusung perjuangan Restorasi Indonesia untuk mewujudkan demokrasi Indonesia yang matang dan substantif.

Maka pada hari ini, kami berhimpun untuk membentuk sebuah organisasi kepemudaan bernama GARDA PEMUDA NASIONAL DEMOKRAT sebagai wadah bertautnya angkatan muda, gagasan muda dan energi progresif pemuda. Seiring berakhirnya manifesto yang diucapkan Saiful Haq, terdengar gemuruh tepuk tangan semangat oleh para anggota Garda Pemuda Nasional Demokrat. Selanjutnya adalah acara yang ditunggu, Martin Manurung diikuti oleh semua jajaran pengurus Garda Pemuda Nasional Demokrat beserta anggota-anggota yang lain naik ke atas panggung. Untuk sama-sama menyaksikan pelantikan dan di deklarasikannya Garda Pemuda Nasional Demokrat oleh Ketua Umum Nasional Demokrat yang sudah tak asing lagi di ranah perpolitikan, Bapak Restorasi Indonesia, Surya Paloh. Diiringi lantunan tembang mars Garda Pemuda Nasional Demokrat, dengan ini resmi sudah Martin Manurung menjabat sebagai Ketua Umum dari Garda Pemuda Nasional Demokrat.

Di dalam sambutannya, Martin tak lupa mengucapkan salam “Restorasi Indonesia, Nasional Demokrat!”. Martin bertutur “kami Garda Pemuda Nasional Demokrat, mendeklarasikan diri sebagai gerakan pemuda Indonesia, mengambil pilihan untuk berperan aktif mengeluarkan kita dari kubangan krisis, melalui jalan Restorasi Indonesia. Dan saya selaku Ketua Umum Garda Pemuda Nasional Demokrat menyatakan, bersama organisasi yang saya pimpin ini kami siap, pantang mundur setapak pun, demi terwujudnya cita-cita restorasi Indonesia. Untuk itu, mari bergabung dalam barisan ini, barisan yang akan menggulung siapapun yang mencoba menghalangi tumbuhnya tunas-tunas baru, tunas-tunas muda harapan bangsa. Bangkitlah Pemuda Indonesia, masa depan adalah milik kita, jayalah Indonesiaku!”.
Setelah memberi sambutan yang diiringi tepuk tangan meriah dari para anggota Ormas maupun Partai dan dari Garda Pemuda Nasional Demokrat itu sendiri, kini saatnya Ketua Umum Nasional Demokrat memberikan sambutannya.

Di dalam pidato politiknya tersebut, beliau Bapak Restorasi Indonesia Surya Paloh mengajak para kalangan muda untuk angkat senjata, mengajak pemuda untuk bangkit, melawan pemerintahan yang diluar koridor institusi. Surya juga berharap, dengan lahirnya Garda Pemuda ini dapat memberikan energi yang kuat untuk melahirkan pemimpin-pemimpin yang hebat dari yang ada sekarang ini. Disela pidatonya Surya mengatakan kalimat yang membuat para hadirin tertawa, “Saudara hadirin semua, tadi kita sudah mendengarkan ketua umum dari Garda Pemuda telah banyak berbicara mengenai harapan dari terbentuknya Garda ini, untuk itu saya, selaku Ketua Umum Nasional Demokrat tidak boleh melebihi apa yang telah saudara Martin sampaikan tadi”. Surya juga memberikan selamat akan kelahiran Garda Pemuda ini di tengah-tengah masyarakat, sebelum akhirnya menutup pidato nya tersebut.

Dengan berakhirnya pidato tersebut, maka berkahir pula acara Deklarasi dan Pelantikan Garda Pemuda Nasional Demokrat. Acara ditutup oleh atraksi Tarung Drajat oleh Barisan Reaksi Cepat (BARET) Garda Pemuda Nasional Demokrat. Dengan mengusung tageline Demi Kehormatan, Pengabdian dan Tanah Air diharapkan mampu memberikan perubahan yang signifikan terhadap negara ini, khususnya pemuda Indonesia.  

0 komentar:

Posting Komentar