CLICK HERE FOR FREE BLOG LAYOUTS, LINK BUTTONS AND MORE! »

Selasa, 23 Agustus 2011

LAPORAN 24 Juli 2011


LAPORAN PENUGASAN
Rubrik            :           Politik
Masalah          :           Press Converence Partai Nasdem
Angle              :           Suasana Pada saat Press Converence berlangsung
Sumber           :           Pengamatan dan release
Oleh                :           Winda Destiana
Setelah melalui proses yang tidak sederhana, akhirnya Partai Nasdem siap untuk di deklarasikan. Proses ini berujung pada kesadaran yang utuh, akan kondisi subyektif dan obyektif bangsa Indonesia, bahwa sebuah Partai Politik harus lahir dan memberikan alternatif baru bagi Negara Indonesia ini. Partai Nasdem, tidaklah bergantung pada popularitas tokoh dan pencitraan semata. Partai Nasdem lahir dengan politik gagasan dan prinsip Partai Pergerakan yang bertumpu pada kekuatan demokratik rakyat Indonesia.

Minggu, 24 Juli 2011 bertempat di Gallery Cafe Menteng, Taman Ismail Marzuki Jakarta-Pusat, press converence dibuka mulai pukul 11 lewat empat puluh lima menit dengan dihadiri beberapa media. Pembacaan release oleh sekretaris panitia yaitu Saiful Haq, setelahnya diikuti penjelasan dari ketua panitia, Sugeng Suparwoto. Menurut Sugeng Suparwoto, Partai Nasdem berani tampil sebagai partai politik karena telah melengkapi persyaratan yang ada dan akan diserahkan kepada KemenkumHAM setelah deklarasi berlangsung. Dengan sebelumnya Partai Nasdem sudah resmi di daftarkan ke Kementerian hukum dan HAM pada tanggal 6 April 2011 yang lalu. Ormas Nasional Demokrat sendiri juga tetap jalan sebagaimana adanya. Surya Paloh sebagai ketua umum dari Ormas Nasional Demokrat sampai hari ini tetap menjalankan fungsi-fungsi keormasan sebagaimana mestinya. “Kami melihat, merasakan, memandang, dan berkeputusan, bahwa untuk merestorasi Indonesia tidak cukup hanya dengan ormas saja. Dan bukan berarti juga dengan kehadiran partai ini bentuk dari perubahan Ormas, sekali lagi tidak! Ormas masih berjalan seperti biasa dengan segala aktifitasnya. Inilah yang melatar belakangi Partai Nasdem berdiri. Apa yang terjadi di Ormas, akan diperjuangkan secara politik di partai.” Kata Sugeng.

Saiful Haq, selaku Sekretaris Panitia menambahkan, “Kami berprinsip dengan pembahasan parliamantery threshold berapapun jumlahnya nanti, silahkan DPR menetapkan berapapun jumlahnya PT, kami siap!!! Karena kami juga yakin bahwa siapa yang menabur angin akan menuai badai.”

Selain itu menurut Sugeng, Posisi Surya Paloh sebagai seseorang yang bersifat demokratis sangat-sangat terbuka menyetujui, merestui bahkan mendukung Partai Nasdem ini. Sama halnya seperti kehadiran partai-partai politik lain di dalam Ormas Nasional Demokrat. Dalam perspektif yang lebih luas Partai Nasdem inilah yang secara langsung akan mengusung program-program yang ada di Ormas. Dan sampai saat ini, partai Nasdem singkatannya bukan Nasional Demokrat, melainkan Partai Nasdem yang telah di daftarkan di KemenkumHAM adalah Partai Nasional Demokrasi Mandiri. Partai Nasdem juga belum berfikir untuk menentukan siapa tokoh yang akan diusung pada Pemilu 2014 nanti karena sampai saat ini masih memikirkan infrastruktur. “Selain itu, syarat untuk menjadi kader ataupun anggota Partai Nasdem adalah tidak tersagkut kasus kriminalitas maupun hukum lainnya, termasuk Korupsi!!! Juga untuk masalah pendanaan, baik Ormas maupun Partai, semua masih di danai oleh Pak Surya Paloh dan kawan-kawan, juga saya tegaskan disini bahwa, Pak Surya tidak sebagai apa-apa dalam Partai Nasdem ini.” tutur Sugeng.

Dewan Pimpinan Pusat Partai Nasdem dengan ini memberitahukan bahwa akan mengadakan Rapat Koordinasi Nasional atau RAKORNAS dan Deklarasi Nasional Partai Nasdem pada hari Selasa-Rabu tanggal 26-27 Juli 2011 di Hotel Mercure Ancol Jakarta-Utara mulai pukul 13.10 WIB. Acara Deklarasi dan Rakornas akan diisi Orasi Kebangsaan oleh Jusuf Kalla dengan judul “Gerakan Perubahan dan Pentingnya Partai Politik Baru”, serta Orasi Kebangsaan oleh Shinta Nuriyah Abdurrahman Wahid yang berjudu “Bhineka Tunggal Ika sebagai Modal Bangsa”. Dalam acara Rakornas nanti, Partai Nasdem akan melakukan diskusi panel yang bertemakan “RoadMap Politik Indonesia: Peluang dan Tantangan Partai Nasdem” diskusi ini akan menghadirkan Burhanuddin Muhtadi dari LSI dan Pakar Komunikasi, Prof. Bachtiar Ali.

Pada tanggal 27 Juli 2011, mulai pukul 08.00 WIB Partai Nasdem akan secara resmi mengantarkan dokumen kelengkapan administrasi Ke Kementerian Hukum dan HAM. Pengantaran dokumen akan dilakukan dengan Pawai Budaya Nusantara bertemakan “Restorasi Indonesia”.

0 komentar:

Posting Komentar