CLICK HERE FOR FREE BLOG LAYOUTS, LINK BUTTONS AND MORE! »

Selasa, 23 Agustus 2011

LAPORAN 26 Juli 2011 part 2


LAPORAN PENUGASAN
Rubrik            :           Cover Story
Masalah          :           Calon Presiden 2014
Angle              :           Persiapan Kubu SBY dan yang lainnya
Narasumber   :           Ahmad Rofiq
Oleh                :           Winda Destiana
Cover story kali ini lebih terpusat kepada persiapan Partai NasDem dalam menghadapi pemilu 2014. Harus diakui, kehadiran partai dalam peta politik Indonesia saat ini menjadi persoalan tersendiri mengingat semakin apatisnya rakyat terhadap keberadaan partai politik, terlebih setelah partai berkuasa mendapat badai yang demikian hebat. Juga belum adanya tokoh atau figure sentral yang dapat dijadikan votegetters. Sementara, kehadiran Partai NasDem ternyata tidak semeriah dengan hadirnya Ormas Nasional Demokrat yang selama ini menjadi modal utama mereka rupanya kian pudar. Sebab, banyak pendiri atau pengurus Ormas Nasional Demokrat yang mengundurkan diri. entah karena intimidasi partai asal, karena seperti yang telah diketahui, Ormas terdiri dari beberapa kekuatan, maupun alasan lainnya, bahkan beberapa partai yang anggotanya menjadi bagian atau pengurus Ormas turut mengancam.

Akhirnya, pada 26 Juli 2011 bertempat di ruang Krakatau, Hotel Mercure Ancol, Jakarta-Utara Partai NasDem resmi di deklarasikan. Sebelum resmi di deklarasikan Partai NasDem telah mendaftarkan secara resmi ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia pada tanggal 06 April 2011. Lalu bagaimana Ahmad Rofiq, selaku Sekretaris Jenderal dari Partai NasDem sekaligus sebagai seorang aktifis gerakan yang menjadi motor pendiri dari Partai ini memaparkannya. Berikut petikan wawancara dengan beliau, yang ditemui di sela-sela Deklarasi dan Rakornas. Selasa, 26 Juli 2011 menjelaskan tentang visi dan misi dari terbentuknya Partai ini. Berikut petikan wawancaranya:

Apa yang menjadi visi dan misi dari Partai NasDem ini?
Kelahiran Partai NasDem untuk mencapai tujuan-tujuan besar memantapkan eksistensi Negara, memperkuat persatuan bangsa dan meningkatkan kesejahteraan bangsa. Partai NasDem bertujuan menggalang kesadaran dan kekuatan masyarakat untuk melakukan Gerakan Perubahan Restorasi Indonesia. 

Apa yang menjadi kelebihan dari Partai NasDem ini sehingga berani diluncurkan?
Jadi begini ya, Partai NasDem itu hari ini mempunyai momentum yang sangat besar untuk meraih simpati masyarakat dan meraih dukungan yang sebesar-besarnya. Karena partai-partai lain di hari ini sedang menghadapi problematika yang luar biasa, baik internal maupun eksternalnya. Masyarakat sudah begitu bencinya dengan partai yang berkuasa hari ini. Tidak yang sedang berkuasa pun mereka mendapat perlakuan yang sama dari masyarakat. Mereka seolah sudah tidak bisa dipercaya. Lantas momentum ini bagi Partai NasDem merupakan momentum emas, yang tidak boleh dilewatkan begitu saja.

Bagaimana respon internal dari Ormas Nasional Demokrat terhadap kelahiran Partai NasDem ini?
Saya kira beragam. Tetapi saya melihat ada getaran secara besar itu lebih dominan memberikan dukungan kepada Partai ini. Hal tersebut merupakan dukungan persetujuan. Dari getarannnya, dari berbagai aksi reaksi yang dimunculkan oleh pimpinan Ormas dari berbagai daerah itu Partai NasDem mendapat sambutan yang cukup luas.

Berapa persen kira-kira respon dari masyarakat?
Ya setidak-tidaknya begini, kami belum satu bulan sudah bisa mendapatkan anggota sebesar 1.376.043, itu artinya ini menjadi sebuah tanda bagi Partai NasDem mempunyai peluang yang sangat besar dalam Pemilu 2014. Untuk keanggotaan itu juga merata, namun yang paling dominan itu ada di Pulau Jawa.

Siapa yang akan diharapkan untuk menjadi votegetters bagi Partai NasDem?
Pada akhirnya nanti aka nada satu tokoh, maupun banyak tokoh yang akan bergabung dengan Partai NasDem, kita tunggu saja waktu yang akan menjawabnya.

Bagaimana dengan peluang Partai NasDem dalam Pemilu 2014 mendatang?
Untuk peluangnya saya rasa cukup besar. Kami optimis, karena faktor utama dari Partai ini ya momentum yang saya ucapkan di awal tadi. Jadi kalau kita melihat keresahan masyarakat atau rakyat hari ini itu seperti tahun 2008. Ada pemimpin tetapi tidak ada kepemimpinan, ada kekuasaan tetapi tidak berkuasa, ada kekuatan tetapi lemah. Itulah yang terjadi saat ini. Masyarakat sekarang sedang mencari Partai apa yang sekiranya mampu menjadi penyangga. Menjadi penyambung aspirasi mereka dan saya kira diantara partai-partai yang ada, bolehlah Partai NasDem optimis pada Pemilu 2014 mendatang.

Akankah Parliementary Treshold akan menjadi hambatan untuk Partai NasDem?
Partai NasDem tidak memikirkan PT. Mau 5,7, bahkan 10 akan kami hadapi. Karna Partai NasDem bukan hanya ingin menjadi partai politik, bukan menjadi partai peserta pemilu, tetapi Partai NasDem ingin menjadi partai pemenang. Itulah yang kami cita-citakan!

Dengan lahirnya Partai NasDem ini, apa Anda sudah mempersiapkan tokoh yang akan diusung untuk maju pada Pemilu Pilpres 2014 nanti?
Sosoknya banyak. Nanti akan muncul dengan sendirinya lah.

Posisi Surya Paloh sendiri dalam Partai ini sebagai apa?
Pak Surya diluar dari Partai ya! Tidak ada sangkut pautnya. Tetapi transformasi ideologis yang dibawa oleh Pak Surya di Ormas Nasional Demokrat menjadi sumber inspirasi untuk gerakan Partai NasDem. Sebagai seorang negarawan beliau memberikan dukungan dan sebagai seorang Warga Negara beliau tidak bisa menolak, karena tidak boleh ada Warga Negara Indonesia yang melarang berdirinya sebuah Partai Politik.

Dana untuk menjadikan atau mendeklarasikan Partai ini darimana? Sumbangan dari Surya Paloh kah atau dana pribadi anggota?
Untuk dana, kami lebih dominan swadaya ya!

0 komentar:

Posting Komentar