CLICK HERE FOR FREE BLOG LAYOUTS, LINK BUTTONS AND MORE! »

Kamis, 03 November 2011

Festival Film Eropa 2011

OLD and YOUNG EUROPE

Festival Film Eropa 28 Oktober - 24 November 2011
Festival Film Eropa yang dikenal dengan Europe on Screen (EoS), sebuah festival yang menjadi jendela untuk menyaksikan budaya Eropa lewat beragam film dan sarana bagi penonton untuk mengembangkan apresiasi terhadap film-film di luar arus besar, tahun ini memasuki penyelenggaraan kelima dengan tema Old and Young Europe. Tema ini menyorot dinamika benua Eropa yang sarat dengan sejarah dan tradisi namun tidak luput dari pembaruan di berbagai bidang, disajikan melalui 24 film panjang dan 1 film pendek dari 21 negara-negara Eropa yang diproduksi dalam rentang waktu lebih dari dua dekade. Keseluruhannya terbagi dalam beberapa seksi film: Against the Odds, Crime and Misdemeanour, Family Affairs, Songs of Survival, Sprinkles of Laughter. Tahun ini EoS juga mempersembahkan 9 film pendek Indonesia terbaik melalui EoS Short Film Competition.
Europe on Screen 2011 akan berlangsung di:
Yogyakarta 28-29 Oktober: LIP
Bandung 1-2 November: CCF
Jakarta 4-11 November: Erasmus Huis, GoetheHaus, Istituto Italiano di Cultura, Institut Français Indonesia, Kineforum Jakarta Arts Council
Denpasar 12-13 November: Alliance Française
Banda Aceh 14-18 November: Europe House
Surabaya 19-20 November: CCCL
Semarang 23-24 November: Universitas Diponegoro
The Old and Young Europe sengaja hadir di kota-kota tersebut karena lembaga-lembaga budaya Eropa berada disana. Hal ini dilakukan agar tujuan mereka mengenalkan film-film Eropa ke daerah selain Jakarta bisa tercapai. Sangat diharapkan sekali pada festival tahun ini target sekitar enam ribu audience akan terpenuhi. Sama seperti tahun sebelumnya.  Target penonton harus diatas usia 18 tahun, karena secara keseluruhan film yang akan diputar merupakan film-film drama untuk dewasa.



Dalam film yang diputar di Kine Forum Jumat 28 Oktober 2011 kemarin berjudul LO SPAZO BIANCO atau yang dalam bahasa Inggris The White Space. Film buatan Italia berdurasi 96 menit ini dipilih karena intensitasnya tentang perasaan keibuan. Banyak bayi yang lahir kemudian diabaikan dan merasa kesepian karena sang Ibu tidak mau menerima tanggung jawabnya. Di Italia sendiri banyak orang yang mengalami sindrom kehamilan pertama atau yang lebih dikenal baby blues syndrome. Masa seperti ini adalah masa sulit bagi sang ibu, sekaligus juga menandakan ketidakdewasaan seseorang.
Maria diperankan dengan sangat meyakinkan oleh Margherita Buy, seorang janda paruh baya berjiwa bebas, pengajar bahasa italia di Napoli yang hidup semaunya. Tanpa aturan dan bebas. Akan tetapi semua mendadak berubah, ketika pada suatu kesempatan ia mengenal seorang laki-laki yang telah memiliki seorang anak di sebuah bioskop. Hubungan mereka awalnya mengalir lancar tanpa hambatan, namun setelah  hubungannya berujung pada kehamilan tidak terencana dan kelahiran prematur bayi perempuan, semua seakan berubah. Laki-laki tersebut pergi meninggalkan Maria dan bayinya, bayi mereka begitu saja. Tanpa rasa iba dan pertanggung jawaban. Merasa tidak lagi mampu mengontrol situasi, Maria menarik diri, merasa takut saat berada di kelas bahasa Spanyol yang ia ajarkan, dan selalu mengucilkan dirinya sendiri. Maria sangat depresi dan tidak tahu harus berbuat apa. Bayang-bayang laki-laki tidak bertanggung jawab tersebut selalu menghantui pikirannya. Ingin ia mencari laki-laki tersebut, namun keinginan hanya sebatas keinginan, Maria tidak ingin mendapati kenyataan, laki-laki tersebut malah justru tidak menerima ia dan bayi kecil mereka, yang masih harus berjuang bertahan hidup dalam ruang inkubator.  Sampai akhirnya ia bangkit, melawan rasa kesepian dan kesedihannya sendiri, ia harus belajar hidup kembali demi anaknya yg rapuh. Anaknya yang sangat membutuhkan dirinya.
LO SPAZIO BIANCO (The White Space)
Italy 2009 Drama 96 minute, italian with english subt.
Director: francesca comencini
Cast: margherita buy, gaetano bruno, giovanni ludeno, antonia truppo, guido caprino 

0 komentar:

Posting Komentar